Configuration

"between the good and the bad is where

you'll find me reaching for heaven"















FrenshiPath

Daisypath - Personal pictureDaisypath Friendship tickers

Saturday, September 17, 2011

Petualangan Tintin: Sebuah Cerita (Cinta) yang (Terlalu) Lama

http://en.wikipedia.org/wiki/Tintin_(character)
Dulu itu kalo ngebaca buku ato novel ato komik, aku selalu punya persepsi sendiri tentang para tokoh di dalamnya. Apalagi kalo si tokoh enggak digambarkan secara detil tentang latar belakangnya, kayak tokoh yang satu ini, Tintin.

Berhubung aku cuman bisa mengakses kartun Tintin dalam versi terjemahan Bahasa Indo Raya, selalu dan selalu, aku membaca nama Tintin dengan ejaan EYD yang baik dan benar, yaitu Tin-tin (baca: i = i dalam bahasa Indonesia-pen). Namun tak disangka, tak dinyana, sesungguhnya nama Tintin itu tidak dibaca demikian sebagaimana yang kusangkakan selama ini. Aku sudah SALAH. Dan aku pun begitu TERLAMBAT untuk menyadari kedodolan ini.

Ternyata. Dibacanya tuh gini: Tantan. Ya. Benar. Meskipun yang tertulis adalah: Tintin. 

Usut punya usut,  karena si Tintin ini tuh kelahiran Perancis, aseli. Hadoh.

Nah, mangkanya, setiap kali liat tulisan nama Tintin, otakku dipaksa me-refer ke cara lafal bahasa kampungnya Tintin yang sebenarnya. Perancis.

Aku sih bukannya enggak sadar kalo si Tintin itu cowok Perancis, tapi aku enggak tau kalo pengucapannya bisa jauh panggang dari api gitu… ehe, kan bacanya versi bahasa Indonesia…

Pengetahuan penting itu datang pas aku udah SMA, dari terakhir aku baca Petualangan Tintin pas jaman masih bocah dulu.

Eits, tapi, yang ini mah masih mendingan. Ada yang menarik lagi...

Beberapa hari yang lalu aku ke Gramedia terdekat en ngeliat ada serial Tintin dipajang di rak situ. Excited dengan penemuan itu, aku langsung ngambil satu serinya (maunya sih banyak tapi berat di ongkos, cing), dan tidak lupa membayar, tentunya…

Rasanya aneh juga nostalgia dengan cinta lama (cieeee) secara udah terbentang jarak dan waktu yang cukup signifikan jauhnya. But. Gua baca. Teteup… hehe

Trus, iseng aku selancaran di internet buat nyari info lengkap tentang si Tintin (berikut anjing putihnya, Milo *jadi ingat merek susu, ehe).

Hasilnya: Sungguh suatu SURPRISE yang nyata.

Si Tintin ini ternyata digambarkan berusia antara 16-18 taon, en kerjanya adalah WARTAWAN, en bisa ngomong BANYAK bahasa asing, en tau cara MENGENDARAI hampir semua kendaraan di muka bumi ini.

Such a prodigy, isn’t he? fufufu…

Nah, jadi si mas Tintin ini, dulu kukira umurnya sebaya aku pas bocah dulu… yah, kan abisnya dia keliatan lebih kecil gambarnya dibanding gambar tokoh-tokoh yang laen. Wajar, dong… eh, ternyata lebih tua… hehe, mas-mas ternyata si Tintin itu...

Info tambahan lain adalah: mas Tintin ini enggak punya keluarga... eh, maksudnya pak Herge, si pengarang, enggak nyeritain gimana dan siapa dan bagaimana keadaan keluarga mas Tintin ini.

Asumsi luas adalah mungkin karena  supaya Tintin-nya gampang jalan-jalan kemana-mana tanpa ribet mikirin adek-kakak ato ayah-ibunya.

Kan enggak lucu tuh kalo pas lagi bertualang ke negeri Syldavia, mas Tintinnya dapat telpon SLI... “Mas Tintin, ada pesan dari adeknya, katanya supaya pulang bawa oleh-oleh makanan aseli Syldavia...” Gubraks banget enggak tuh...

Atau, pas lagi seru-serunya ngejar penjahat, eh tiba-tiba hape-nya bunyi... ada SMS, “Mas, jangan lupa makan, ya... jangan cuman sibuk ngurusin penjahat aja...” Dari istrinya (kalau ada, lho, kalau!).

Cerita bakal kayak sinetron aja kalo gini. Mungkin sih, hehe... Tapi, saya percaya pak Herge bukan orang yang seperti itu...

Ya, saya yakin itu... 

Itulah yang membuat saya terkesima hingga terjerumus dalam serunya perjalanan dan petualangan mas Tintin di berbagai tempat. Begitu keren dan sangat asyik kelihatannya... karena, tidak pernah ada kecelakaan fatal yang dialami mas Tintin dalam setiap aksinya. Ah, hidup seperti jauh lebih mudah kalau mas Tintin ada di dunia nyata... ehhei...

*btw, kalo enggak salah, udah ada versi live-actionnya, lho... soalnya poster mas Tintin dan Milo udah terpampang gede-gede kalo buka websitenya di www.tintin.com. Heee, rambut cepak dan poni jingkrak nya itu bener-bener sebuah fenomena... jadi ingat pas masih kuliah dulu itu banyak cowok yang make gaya poni jingkrak gitu... potongan rambut gaya Tintin, itu kata orang-orang salon...

Tapi. Cuma Tintin yang paling pantas. Teteup...

**To-Do List: Koleksi 24 seri Petualangan Tintin. Baru ada satu, 23 more to go...





No comments:

Post a Comment