Configuration

"between the good and the bad is where

you'll find me reaching for heaven"















FrenshiPath

Daisypath - Personal pictureDaisypath Friendship tickers

Wednesday, May 11, 2011

Avenge or Revenge? Mana yang Benar?

Gara-gara adek aku, Fadel, tiba-tiba memberondong dengan pertanyaan, "Kak, apa beda avenge dengan revenge?" sambil pake jurus gelitikin badan ke aku dan kubalas gelitikin dia kembali,... karena aku bilang aku enggak tahu apa bedanya, aku jadi penasaran dan akhirnya menghubungi mbah Google, karena pengetahuannya yang amat luas dalam berbagai disiplin ilmu itu. *tsaaah...

Nah, jadi, usut punya usut, kata 'avenge' dan 'revenge' ini memang tidak punya beda yang signifikan, khususnya dalam pemakaiannya di dalam kalimat. Tapi, beda yang sangat dalam adalah pada pengertian/makna kata itu di dalam kalimat tersebut.

Sekedar informasi:

Kata 'Avenge' adalah sebuah 'verb'. Sedangkan, 'Revenge' bisa jadi 'verb' dan 'noun' sekaligus.

Kata ini juga mempunyai arti dasar yang sama, yaitu 'membalaskan dendam/perlakuan yang diterima korban secara tidak adil'.

Namun, meskipun arti harfiahnya sama, kata 'Avenge' dan 'Revenge' secara motivasi berbeda.

Contoh 'Avenge':

That old man worked hard to bring the murderer to trial. He has avenged his son's death. 

Pada contoh di atas terlihat bahwa sang ayah membalaskan dendam atas kematian anaknya yang terbunuh dengan cara mengusahakan si pembunuh diadili sesuai hukum yang berlaku. 

Maka, kata 'avenge' ini digunakan untuk menjelaskan situasi dimana dendam atas perbuatan yang salah diselesaikan dengan membawa tersangka/pelaku ke depan hukum.

Contoh 'Revenge':

The man took revenge of his wife's death by killing the murderer.

Pada contoh di atas bisa dilihat bahwa sang pria membalaskan dendam atas kematian istrinya dengan cara membunuh si pelaku. Dia sangat termotivasi dendam/kebencian atas pembunuhan yang menimpa istrinya.

Maka, kata 'revenge' ini dipakai ketika ingin menjelaskan bahwa dendam atas perbuatan yang salah diselesaikan dengan cara melakukan 'pembalasan' yang kurang lebih sama dan lebih didasari oleh emosi kebencian dari yang merasa tersakiti.

Kesimpulan:

'Avenge' dipakai dalam kalimat dengan motivasi ingin mencari keadilan bagi korban, dan diusahakan dengan cara yang sesuai hukum yang berlaku.

'Revenge' dipakai dalam kalimat, bila motivasinya lebih mengarah pada kebencian/dendam, dan cara yang digunakan tidak mempertimbangkan segi hukum yang berlaku.



No comments:

Post a Comment