Configuration

"between the good and the bad is where

you'll find me reaching for heaven"















FrenshiPath

Daisypath - Personal pictureDaisypath Friendship tickers

Sunday, July 31, 2011

Sakura in DC: Oriental Beauty in Western Life

Aku suka banget Sakura... ehm, biasalah, ini korban keseringan baca manga Jepang... dimana selalu ada scene dalam manga itu yang menyeret-nyeret Sakura (secara emang cakep banget) ke dalam ceritanya.

Ketika Sakura Bersemi (ini bukan judul sebuah komik-red)
Ada yang tentang cinta pertama di bawah pohon Sakura lah, yang kelopak Sakura-nya pada terbang-terbang tertiup angin musim semi sambil mengenang masa-masa silam lah, yang piknik rame-rame bareng teman, keluarga, kecengan, pasangan, dan handai taulan sambil liatin Sakura mekar lah (ini namanya Hanami), yang bicara rahasia-rahasiaan sama pohon Sakura lah... pokoke, banyaklah adegan yang melibatkan Sakura sebagai momen yang 'sakral' en menyentuh hati gitu. *sadappp, keliatan banget hobi baca komiknya, hehe

Jadi, amat sangat wajar sekali kalo aku pun terkena imbas Sakura yang indah permai itu dan amat sangat berminat untuk melihatnya dengan mata kepala sendiri... dari jarak dekat... en kalo bisa, menyentuh langsung dengan tangan sendiri juga. Heheh. Obsesi yang sangat dangkal emang. 

Bertahun-tahun kemudian, akhirnya cita-citaku kesampaian juga. Pas aku lagi di Amrik, aku sempet ikut konferensi di New York. Waktu itu sekitar akhir Maret. Temenku, Mbak Wati, ngasih info kalo di Washington mau ada National Cherry Blossom Festival karena minggu itu Sakura lagi mekar-mekarnya disana.

Aku kaget juga denger berita kalo Sakura tuh ternyata juga ada di Amerika. Bukannya tuh bunga aseli Jepang, gitu pikiranku bertanya.

Ujung-ujungnya ketahuan deh kalo Sakura tuh emang dari Jepang, en bisa akhirnya tumbuh di Washington gara-gara tuh bunga diberikan oleh pemerintah kota Tokyo, Jepang sebagai tanda persahabatan dengan pemerintah kota Washington, Amrik. Dan festival ini menandai tanggal penghadiahan pohon-pohon Sakura Jepang, yaitu pada 27 Maret 1912 yang lampau itu. Hmm, gitu toh ceritanya. I see, I see.

Abis terkena bujukan Mbak Wati buat liat festival Sakura, aku pun tidak merasa rugi udah jauh-jauh kuliah sampe ke Amrik. Ternyata, semua emang ada hikmahnya, temans. Impian aku buat ke Jepang bisa seenggaknya terlunaskan dengan menikmati mekarnya Sakura di Washington, DC.

Gak usah repot mesan tiket pesawat sampe ke negri seberang samudra, kalo dengan naek bis Peterpan beberapa jam udah bisa pantengin si Sakura yang lagi bersemi-seminya. Mantraps. 

But. Ada tapinya nih. Ternyata, si Sakura ini kalo mekar gak pake lama. Cuma bertahan sekitar dua mingguan gitu. Whew. Abis itu dia menggugurkan semua kelopaknya, en... sampai berjumpa lagi di musim semi yang akan datang. Um, mungkin karena ini juga kali ya, yang ngebikin masyarakat Jepang jadi sangat menghargai kehadiran Sakura. Soalnya, emang cuma bentar banget bunganya mekar. Udah gitu, ilang, ilang, ilang...

Maka, udah barang tentu aku harus sangat bersyukur bisa mendapat kesempatan yang jarang-jarang kutemui itu. Sebagai orang yang patut berterima kasih en membagi kebahagiaan dengan sesama makhluk, aku dengan ini memunculkan beberapa foto di festival Sakura itu yang bisa kuabadikan.

Ehm, kalo fotonya cakep, tolong diberi pujian (hehe). Tapi, kalo dirasa gak cakep-cakep amat, tolong diam sahaja. *yeah, emang saya orangnya pingin denger yang bagus-bagus aja...hehe, so, dilarang complaint!!!
 








[all photos were taken in Washington, DC, on March 28, 2008]

No comments:

Post a Comment