Configuration

"between the good and the bad is where

you'll find me reaching for heaven"















FrenshiPath

Daisypath - Personal pictureDaisypath Friendship tickers

Wednesday, October 12, 2011

Tesku yang Acakadul Nasipnya

tepar dah gua! sungguh IELTS itu adalah musuh kita bersama... T T

walo dikata udah sering latian soal-soal reading IELTS sampe puyeng, ngejawab soal listening-nya sampe omongan native-nya kebawa-bawa mimpi, trus nyoba writing sampe tangan pegel-pegel asoy, hingga practice speaking-nya sampe berbusa en dilanda bosan tingkat tinggi, tapi tetep aja. gagal total pas ujian sebenernya. brokoli banget deh tuh tes!!

waktu ujian speaking, gua ngerasa kurang banget nunjukkin kalo gua tuh antusias (yah, dalam speaking juga perlu sedikit akting) en jadinya, betul-betul membual dah gua saat itu. jadi, kalo ditanya gimana kira-kira performa gua di speaking test itu, gua cuman bisa menjawab gini: “hanya Tuhan yang Tahu...” en kemudian berlalu pergi bak pahlawan kalah perang, meninggalkan para penanya dalam kebingungan dan menatap sendu pada sosok gua... *pas banget kalo jadi adegan di film ini... really appropriate, nice scene, perfect acting... superb, dah! 

besoknya (speaking dites terpisah di hari sebelumnya), gua udah matengin diri menghadang sisa tes IELTS yang diuji di hari yang sama secara berurutan, pertama listening, trus reading, en terakhir writing.

secara di beberapa latian, gua dapet hasil yang gak begitu mengecewakan, maka di hari ‘H’ itu pun aku menyiapkan diri seperti biasanya kalo mau latian tes IELTS. no extraordinary prep, lah, ceritanya.

lalu, apanyana?

begitu masuk listening... di awal masih oke si speakernya ngomong apa, eh, begitu udah mulai sesi ke tengah soal, mulai deh tuh... I messed up. trus, gua segera sadar diri... ini gak bisa ilang fokus. baru dah, gua fokus balik ke si speakernya... huft!! gua emang gampang ter-distract en susah banget konsentrasi kalo ujian... maka dari itu, gua harus dobel usaha kalo mau sukses ujian...

abis listening, pengawasnya ngasih soal reading.

ampun!! tuh bacaan di tes reading beneran bikin nyahok orang yang ikut tes. yang bikin sebel tuh, gara-gara kita harus bolak-balik baca text trus nyocokin jawaban: karena model soal kali ini di-set acak jadi kalo soal pertama ada jawabannya di paragraf ke-4, eh soal kedua ada jawabannya di paragraf ke-1... dan begitu bolak-balik.

kalo biasanya gua punya lebih 10 menit buat crosscheck jawaban... yang ini malah gua bersyukur banget masih bisa menjawab walo tinggal 1 menit lagi. gua amat berharap waktu itu si pengawasnya lupa liat jam... tapi, mereka begitu strict to the rules... aih.

lalu, dimulailah tes writing.

seharusnya juga, itu bukan hal yang sulit buat gua. tapi, yang terjadi malah DISASTER!

entah karena otak gua bolak-balik ngirim sinyal *ini ujian*ini ujian*... gua jadinya panik en sempat blank pas baca soal writing. bingung gua harus nulis apa di kertas jawaban. HA!! apa coba!

tapi, gua mencoba tetap tenang en mulai menulis jawaban untuk task 1, yang soalnya tentang deskripsi tiga negara dan jauhnya perjalanan dengan bus dan kereta api. hmm, harusnya mudah bukan?? ya, harusnya!

eh, tiba-tiba pas lagi nulis di task 1, si pengawas ngingetin waktu tinggal 40 menit lagi. gua kan jelas kaget banget. lha, kan itu waktu yang kudu dipake buat nulis jawaban task 2. sumpah, gila! gua bahkan belom sempat nulis kesimpulan esai task 1 itu...

akhirnya, gua putuskan nulis jawaban task 2 dulu, en pending konklusi task 1 (gua kira bisa ngebut di task 2).

namun, lagi-lagi gua membuat kemalangan lain. karena udah tinggal pas-pasan waktunya, gua gak brainstorm dulu apa yang mau ditulis di esai itu. gua maen tancap aja... pikiran gua cuman satu waktu itu. yang penting selese. gak penting lagi ide esai itu mau bagus ato gak... konon lagi grammar-nya... sebodo amat lah!

pas lagi asik-asiknya mengarang indah, tiba-tiba si pengawas bilang waktunya tinggal 20 menit lagi. dan gua yang kaget, jadi semakin kaget begitu gua ngecek lagi pertanyaan di task 2.

bisa gitu ya? sang soal nanyain tentang efek pertambahan penduduk usia lanjut... eh, gua-nya malah sibuk jelasin tentang faktor yang mengakibatkan penduduk usia lanjut semakin bertambah. apes tenan!

esai gua akan dianggap tidak menjawab soal kalo gitu. gua yang langsung lemes aja pas tersadar udah melakukan kesalahan besar. mana ruang auditorium tempat kita tes itu pake AC, en gua yang udah nyelimutin diri pake jaket malah kayak yang udah sesak napas gara-gara dicekam panik luar biasa. aseli. tangan udah dingin aja, en gua langsung lunglai mengingat bisa dapet 5 karena salah jawab gini. ditambah, gua gak bisa mikir lagi, en ide stuck untuk beberapa saat itu.

mau nangis, jelas gak mungkin.. en jelas gak nyelesain masalah. pilihan yang ada adalah: gua MUSTI pake jurus cakologi. ngakalin jawaban yang udah terlanjur ditulis... mengubah beberapa baris kalimat di esai yang udah gua karang ampir tiga paragraf itu yang tak mungkin dihapus lagi berhubung waktu adalah pedang! yah, intinya: Mengarang TAK Indah.

parah. suer.

pas masih ada sisa waktu 5 menit lagi, langsung gua buru-buru balik ke task 1 en menamatkan esai. phew.

akhirul cerita, gua berenti nulis pas waktunya udah abis. --->> begitu si pengawas koar-koar bilang tes udah berakhir, seisi auditorium kontan rusuh. huahaha. delapan minggu yang singkat dan padat demi menaklukkan sebiji tes. wajar kami mendadak irrasional dan akirnya menggila.

as for myself, gua kuciwa gak bisa setenang kalo pas lagi latian dan berpikir jernih dikala tes. gua rasa tes kali ini jauh dari sempurna. bener-bener brokoli!

ah, mau komplain juga udah gak ada artinya... you can’t turn back the time, girl!
terima nasibmu ajalah, nduk!


No comments:

Post a Comment