Configuration

"between the good and the bad is where

you'll find me reaching for heaven"















FrenshiPath

Daisypath - Personal pictureDaisypath Friendship tickers

Thursday, March 17, 2011

Masjid Penzberg: When Islam Meets A Contemporary World

"Rules are made for breaking!", itulah kalimat yang selalu dikumandangkan olehku dan beberapa teman dekat sejak dari kami masih berseragam putih biru dan mulai lancar membaca bahasa Inggris.

Ya, sejak dari dulu, kami sudah berorientasi ke arah perubahan-perubahan, yang seringkali bertabrakan dengan opini publik yang ada.

Kami selalu berpendapat bahwa kita tidak melulu mesti seirama dengan tradisi yang ada, selama apapun yang kita kerjakan tidak merugikan orang lain. Begitulah. Namanya juga anak muda. Hahaha.

Nah, senada dengan kalimat kami dari masa remaja itu, secara tidak terencana aku membaca sebuah artikel islami di Republika online tentang keberadaan sebuah masjid dengan arsitektur kontemporer. Arsitektur gebrakan, kalau kubilang.

Masjid Penzberg
Satu kata.
Keren banget. (ini mah dua kata, ya, ahee...)

Masjid yang berlokasi di kaki Pegunungan Alpen, Penzberg di Bayern, Jerman ini benar-benar mewakili seruan kami dulu. Bahwa, rules are made for breaking! (sambil nunjukin orang-orang pake tongkat...)

This masjid is waaay too cool to describe. It's ridiculously GORGEOUS!

Sebenarnya desain bangunan seperti ini sih, tergolong biasa saja, karena ada banyak lagi bangunan yang pasti lebih bagus. Hanya. Konsep kontemporer yang normalnya ditujukan untuk rumah dan gedung-gedung tersebut malah diterapkan ke sebuah masjid. Bayangkan! Bayangkan sebuah masjid tanpa kubah dan menara ciri khas ornamen keislaman. Aku tidak pernah membayangkannya, sampai hari ini, ketika artikel ini kubaca. 
Bahwa ternyata ada. Dan, bisa.

Sang arsiteknya, Alen Jasarevic, berpikir bahwa masjid dengan gaya kontemporer lebih dapat diterima di benua Eropa, sehingga masyarakat non muslim akan dapat merasakan Islam yang lebih modern sesuai kondisi zaman.

Way to go, our dear Muslim brothers and sisters...
Let's show to the whole world, that Islam is for the past, the present, and the future of civilizations.

Dan, mulai detik ini, aku resmi mengumumkan pengunduran diriku dari paham dan waham (lho?) yang berbau tradisionalis dan tidak menerima perubahan. Ketahuilah, wahai orang-orang, bahwa perubahan adalah abadi dan perbedaan adalah rahmat...

Let's think out of the box!
Rules are made for breaking! (^^):v

No comments:

Post a Comment